8:41 PM
0
Rencana akusisi yang dilakukan XL Axiata terhadap Axis akhirnya terwujud juga. Pihak XL Axiata akhirnya membuat kesepakatan dengan pihak Saudi Telecom Company (STC) dan Teleglobal Investment B.V. (Teleglobal), yang merupakan anak perusahaan STC untuk mengakuisisi Axis


Kesepakatan XL Axiata dan Axis tersebut berupa Perjanjian Jual Beli Bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement – CSPA) dengan nilai mencapai 865 juta US Dollar atau sekitar 9.5 triliun rupiah jika mengacu kurs sebesar $1 = 11 ribu rupiah.

Transaksi tersebut akan rampung setelah mendapatkan persetujuan pemerintah terkait dalam hal ini regulator dan persetujuan pemegang saham XL melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).

Dalam transaksi ini, XL akan membayar nilai nominal saham yang disepakati dan akan membayar sebagian dari hutang dan kewajiban Axis.  Kesepakatan Perjanjian Jual Beli Bersyarat ini antara lain meliputi:

  • Teleglobal akan menjual 95% saham di Axis kepada XL.
  • 100% nilai perusahaan Axis dinilai sebesar USD 865 juta atau sekitar Rp 8,6 triliun, dengan catatan buku Axis bersih dari utang dan posisi kas nol (cash free and debt free).
  • Harga pembayaran akan digunakan untuk membayar nilai nominal saham Axis, serta membayar hutang dan kewajiban Axis.
Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengungkapkan bahwa dengan mengakuisisi Axis, XL akan semakin mengukuhkan posisinya sebagai salah satu operator telekomunikasi besar dan juga memperkuat layanan data mobile.

Kabar bahwa XL akan mengakuisisi Axis sebenarnya sudah ada sejak awal tahun ini. Pihak XL Axiata yang awalnya diam, beberapa waktu kemarin menyatakan bahwa proses akuisisi Axis tinggal menunggu restu pemerintah saja dalam hal ini regulator.

0 comments:

Post a Comment